Tips Aman Naik Eskalator dengan Anak Anda

Eskalator adalah tangga berjalan yang memudahkan anda dalam melakukan sirkulasi vertikal, atau dengan kata mudahnya tangga otomatis yang dapat membawa anda naik atau turun dari lantai yang satu ke lantai lainnya.

Eskalator ini dapat anda jumpai dipusat-pusat perbelanjaan, mall-mall, bandara bahkan di kantor-kantor yang memiliki lantai banyak serta jumlah pengunjung yang banyak.

Dengan semakin banyaknya tempat-tempat yang menggunakan tangga eskalator ini, maka semakin banyak pula kecelakaan-kecelakaan. Kecelakaan yang sering dijumpai yaitu yang melanda anak-anak, seperti
terjepit, tersangkut, jatuh dari eskalator, dll.

Oleh sebab itu, berikut Tips Aman Naik Eskalator dengan Anak Anda:

  • Perhatikan Pakaian Anak


Sebelum mengajak anak naik eskalator, pastikan tidak ada benang yang lepas atau apapun yang terjuntai keluar menyentuh lantai, misalnya  benang pada pakaian, untuk mencegah kemungkinan benang atau pita yang lepas tadi terjepit pada eskalator dan mengakibatkan anak terluka.

  • Minta Anak untuk Waspada


Larang anak Anda bermain-main saat mereka sedang berada di eskalator. Ujung anak tangga berjalan adalah bagian yang harus Anda waspadai.

  • Pegang Erat Tangan Anak 


Pusatkan perhatian pada anak Anda terutama ketika Anda dan anak turun dari tangga berjalan.

  • Alternatif Lain Lebih Baik


Jika anak Anda termasuk aktif dan Anda khawatir sesuatu menimpanya, menggunakan tangga biasa atau lift mungkin lebih baik. 

  • Menggendong Anak


Jika anak Anda masih berusia di bawah lima tahun, menggendongnya saat hendak naik atau turun dari eskalator, atau bahkan menggendongnya selama berada di eskalator bisa Anda lakukan sebagai tindakan pengamanan terbaik.

  • Pakai Sepatu yang Cocok


Ketika Anda berecana bepergian ke tempat apapun yang menggunakan eskalator jangan menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan sol plastik pada anak Anda, karena sol sepatu atau alas kaki dari bahan plastik memiliki permukaan licn dan bisa mengakibatkan anak terpeleset.



Sumber: TheAsianParent.com
Previous
Next Post »