Trik Murah dan Mudah Merenovasi Rumah


Arsitekno.com - Memiliki hunian mewah merupakan keinginan semua orang, termasuk anda maupun saya. Keterbatasan anggaran selalu menjadi alasan klasik sehingga kita sulit untuk mewujudkannya, namun tak selamanya kita harus membeli rumah mewah tersebut. Bagi anda yang telah memiliki rumah sebelumnya, maka anda dapat melakukan renovasi agar sesuai dengan yang anda inginkan.

Ketika melakukan renovasi masalah klasik muncul kembali, lagi-lagi keterbatasan anggaran menjadi tumbalnya. Namun tahukah anda, sebenarnya kita dapat menyiasati masalah keterbatasan anggaran ketika merenovasi rumah ?

Oleh karenanya, berikut ini Trik Murah dan Mudah Merenovasi Rumah :

1. Tak Harus Mahal

Tak selamanya keindahan itu berasal dari hal-hal yang mahal, jika anda memiliki kreatifitas maka hal-hal yang tidak terpakai bisa anda gunakan.

Menurut arsitek bernama Yu Sing yang juga penulis buku “Mimpi Rumah Murah Yu Sing”, merencanakan rumah berarti berupaya untuk terus mencari alternatif. Penggunaan material, proses pembangunan, dan desain harus berpaku pada anggara, dan bukan sebaliknya.

Yu Sing mengatakan bahwa selama ini masyarakat mendefinisikan keindahan desain sebagai sebuah kemewahan, namun tak selalu seperti itu. Yu Sing mencontohkan, dinding tak selalu harus dilapisi cat,  terkadang cukup ditutupi semen tanpa cat bisa menjadi desain hunian unik tanpa biaya berlebihan.

2. Trik Sederhana

Tak selama harus menggunakan material mahal dan baru, terkadang hal-hal yang tidak terpakai lagi bisa anda kreasikan menjadi sebuah hal yang indah.

Anda bisa menggunakan furnitur lama yang di cat ulang dengan warna-warna unik atau membuat lukisan abstrak di salah satu dinding atau hal-hal lain yang bisa menjadi hal-hal unik.

3. Persiapan Matang

Sebelum melakukan renovasi rumah maka sebaiknya anda melakukan persiapan, seperti mencari arsitek yang bisa menjadi rekan anda. Anda bisa berbicara dengan baik dengan arsitek tersebut sehingga apa yang anda ingin wujudkan bisa dimengerti dan dituangkan menjadi sebuah desain.

Anda juga mulai bisa mencari tahu harga-harga material yang anda akan gunakan nantinya, sehingga anda bisa dengan segera menemukan material alternatif jika memang dibutuhkan. Anda juga mulai bisa mengosongkan area pekerjaan renovasi nantinya agar tidak terburu-buru nantinya.

4. Jangan Pelit

Jangan pelit disini maksudnya adalah jangan gara-gara mempertimbangkan harga, anda akan membeli barang-barang murah. Anda harus melihat kembali standar keselamatan dan kenyamanan terhadap material yang anda gunakan nantinya.

Beberapa barang seperti pipa, fondasi, cakram, dan rangka atap tetap wajib memenuhi standar kualitas. Untuk cat anda bisa memilih yang sudah terbukti awet dan bertahan.

Sekian Trik Murah dan Mudah Merenovasi Rumah, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin merenovasi rumah agar tampil lebih mewah.

Referensi : KompasProperti
Previous
Next Post »