6 Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik


Hari ini merupakan puncak arus mudik, penduduk kota berbondong-bondong menuju kampung halamannya. Jika kamu termasuk pemudik yang hendak melakukan perjalanan mudik, pastikan rumah aman dari pencuri saat kamu pergi.

Kamu mungkin sudah menghentikan pengiriman surat kabar langganan dan mengatur sistem keamanan rumah dengan menyalakan alarm. Namun, para pencuri tampaknya sudah memiliki berbagai trik agar dapat masuk dengan leluasa ke rumah kamu.

Namun alangkah baiknya jika kamu mempraktekkan 6 Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik :

1. Mengamankan Semua Kunci Tersembunyi

Ambil semua kunci yang kamu pikir sudah disembunyikan dengan baik di luar rumah. Biasanya tempat persembunyian kunci adalah di bawah keset, batu, atau di bawah pot bunga. Setidaknya, area ini akan menjadi area pertama pencuri mencari kunci rumah kamu.

2. Parkir Mobil Tetangga

Kamu bisa meminta tetangga yang tidak mudik untuk memarkir mobil mereka di depan rumah kamu, untuk membuat rumah terlihat seperti masih ada kehidupan.

3. Perawatan Rumput Halaman

Pastikan sebelum kamu mudik untuk memangkas rumput, tujuannya untuk mencerminkan penghuni rumah masih ada di rumah tersebut. 

4. Memadamkan dan Menyalakan Lampu

Lampu adalah indikator penting yang menentukan si pemilik ada di rumah atau tidak. Pastikan lampu di teras, halaman, dan jalan di depan rumah menyala pada malam hari dan padam saat pagi hari. 

5. Beritahu Tetangga Sekitar

Beritahu setidaknya 3 orang tetangga jika kamu menitipkan rumah atau meminta tolong untuk merawat rumah selama kamu tidak di rumah kepada tetangga.

6. Jauhi Media Sosial

Sebaiknya kamu mengaupload foto-foto mudik setelah kembali ke rumah, hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan pencuri memantau media sosial untuk mencari tahu di mana kamu berada.

Sekian 6 Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik ala Arsitekno.com, semoga bermanfaat dan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H.
Previous
Next Post »