Mau Mendesain Dapur, Perhatikan 7 Hal Berikut Ini


Arsitekno.com - Mau Mendesain Dapur, Perhatikan 7 Hal Berikut Ini | Dapur menjadi area penting dirumah anda, bahkan di restoran juga. Jika dirumah, dapur ini menjadi salah satu pusat kegiatan para wanita, sehingga produk dari dapur ini bisa menentukan keharmonisan rumah tangga anda.

Desain dapur yang tidak nyaman akan mampu mempengaruhi psikologis Istri maupun anak perempuan anda. Jangan gara-gara kesalahan desain dapur terjadilah perang dunia ketiga dirumah anda, oleh sebab itu sebaiknya anda Mendesain Dapur dengan Perhatikan 7 Hal Berikut Ini :

1. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan akan sangat menentukan dimensi ruang dapur itu sendiri, apakah hanya kegiatan memasak atau juga termasuk kegiatan makan sehingga ruang makan menjadi bersatu dengan dapur atau bahkan anda perlu kamar mandi khusus bagi dapur anda.

2. Skala Kegiatan dan Jumlah Pengguna

Skala kegiatan dapur perlu anda perhatikan, apakah hanya kegiatan memasak kecil-kecilan ataukah juga termasuk untuk mensupport kegiatan besar seperti kenduri atau hal lain. Hal tersebut akan menentukan jumlah pengguna nantinya.

Jika hanya untuk memasak kecil-kecilan, anda hanya perlu menyiapkan space memasak untuk beberapa orang, alat-alat dapur dan beberapa furnitur penunjang saja.

3. Gaya Desain Dapur

Gaya pada dapur anda harus juga anda perhatikan, apakah anda ingin menerapkan gaya minimalis atau gaya klasik. Hal ini penting untuk anda perhatikan.

4. Ketersediaan Anggaran

Ketika semuanya sudah sesuai dengan keinginan anda, namun finansial menjadi kendala anda bisa mengubah sedikit desain anda. Selain mengubah desain, anda juga bisa membuat perencanaan jangka panjang artinya jika anda uang anda bisa menambah sedikit demi sedikit. Mencari material alternatif mungkin bisa menjadi solusi lain.

5. Sirkulasi yang baik

Dapur ini haruslah memiliki sirkulasi yang baik, soalnya ketika memasak anda akan menghasilkan asap dan bau. Bila tak ingin asap dan bau tidak menyebar ke ruangan lainnya, anda bisa menempatkan jendela ataupun exhaust fan untuk menanggulangi hal tersebut. Tidak hanya sirkulasi udara, sirkulasi gerak kegiatan manusia juga harus anda perhatikan.

6. Material Dapur

Pemilihan material dapur sangatlah penting, jika anda terlanjur kaya anda bisa menggunakan marmer atau jika anda memiliki keterbatasan dana, anda bisa menggunakan keramik. Selain material yang umum tersebut, anda juga bisa menggunakan material dari benda-benda bekas yang bisa anda kreasikan sekreatif mungkin.

7. Furnitur

Pemilihan furnitur juga sangat menentukan keindahan dapur anda, tidak perlu selalu menggunakan furnitur mahal. Furnitur ini juga bisa anda gunakan untuk menyimpan barang-barang dapur anda agar tidak terlihat berantankan.
Previous
Next Post »