Cara Mengatasi Error Setelah Menginstall Plugin / Ruby Script di SketchUp

Terkadang ketika menginstall Plugin / Ruby Script di SketchUp kamu mendapati plugin tersebut error atau rusak, penyebabnya tentu bemacam-macam.

Berikut ini Cara Mengatasi Error Setelah Menginstall Plugin / Ruby Script di SketchUp :

- Beberapa Plugin Memerlukan File Lain (Library)

Seperti Semua plugin buatan Fredo6 membutuhkan Lib_Fredo atau semua plugin buatan Thomthom membutuhkan TT_Lib untuk dapat digunakan di sketchup. Sebaiknya file library yang dipergunakan adalah file Library release paling akhir, karena plugin baru biasanya menggunakan file library release terbaru.

- Aktifkan Toolbar Plugin

Jika toolbarnya tidak muncul, aktifkan plugin tersebut melalui Window > Preferences > Extension dan centang plugin yang telah kamu install. Atau bisa juga melalui View > Toolbar, dan centang plugin yang telah kita install tersebut.

- Terlalu Banyak Plugin Lain

Terkadang, pada beberapa kasus, plugin tidak dapat berfungsi dengan baik karena terlalu banyak plugin yang sudah kamu install serta ada juga karena crash dengan Antivirus yang kamu gunakan.

- File Plugin Tidak Di Copy - Paste Secara Utuh

Plugin juga tak dapat berfungsi baik jika kamu tidak meng-copy paste file yang diperlukan secara utuh , contohnya; plugin terdiri dari file rb, rbz, ikon dan file pendukung, Jika ada salah satu file tersebut yang tidak ikut di copy-paste, maka biasanya Plugin tak dapat berfungsi.

- Masa Trial atau Demo Berakhir

Jika kamu menggunakan Plugin berbayar, jika telah selesai masa trial/demo-nya, tentu saja plugin tidak dapat dipergunakan sebelum kita memasukkan serial number, authenticated code atau registrasion code-nya.

Previous
Next Post »