Cara Install Plugin / Ruby Script di SketchUp


Kamu-kamu yang sering membuat modelling 3D pasti tidak asing lagi dengan software SketchUpSketchUp ini merupakan software yang umum digunakan dan merupakan software friendly user dikelasnya. 

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya banyak amunisi tambahan yang dapat ditambahkan untuk membuat software ini se-powerfull 3Ds Max ?

Software sketchup bisa diberiplugin berupa ruby script. Ruby script pada dasarnya adalah file program berbasis text yg bisa dibuat & dibuka menggunakan software text editor seperti notepad, dll. 

Berikut Cara Install Plugin / Ruby Script di SketchUp :
  • Untuk Cara Install Plugin / Ruby Script di SketchUp, cukup copy-paste file ruby ke folder plugins sketchup.
  • Ada plugin yang tidak disertai ikon toolbar, hanya muncul di menu klik kanan, menu plugin atau menu lain di Sketchup tab bar. Biasanya ruby script model ini hanya berupa file tunggal. (contoh: drop.rb, purgeAll.rb, dll)
  • Namun ada juga plugin yang menyertakan ikon toolbar. Untuk model ini, biasanya yang perlu di copy paste adalah file ruby dan folder yang berisi ikon nya. (contoh: soap skin bubble, Artisan, dll)
  • Pada Plugin release baru, biasanya sudah menggunakan file ber ekstensi .rbz, sebenarnya ini untuk mempermudah kita saja agar kita dapat menginstall plugin langsung lewat Sketchupnya.Caranya, setelah kita dapatkan file rbz tersebut, kita tinggal menuju; Window > Preferences > Install Extension 
  • Kemudian pilih/cari file rbz yg akan di install, trus klik Yes dan OK.
  • Jika tetap merasa lebih nyaman dengan cara copy-paste, kita bisa merubah/rename ekstensi file rbz jadi zip, kemudian di ekstrak seperti biasa, dan copy-paste file hasil ekstrak tersebut seperti dulu.
Pada SketchUp 2013, kita sudah dapat install dan uninstall langsung lewat fitur Extension Warehouse yang dapat di akses melalui Window > Extension Warehouse, untuk dapat mendownload plugin, kamu harus register dengan akun Google yang kita punya, gratis.

***
Terkadang ketika menginstall Plugin / Ruby Script di SketchUp kamu mendapati plugin tersebut error atau rusak, berikut ini Cara Mengatasi Error Setelah Menginstall Plugin / Ruby Script di SketchUp

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Aditya Reza
admin
6 January 2017 at 00:17 ×

Ruby Script ini buat apa ya fungsinya?

Congrats bro Aditya Reza you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar