Jenis Cat Untuk Interior dan Eksterior Bangunan

Cat merupakan elemen finishing yang digunakan pada bangunan, baik pada interior dan eksterior bangunan. Penggunaan cat bangunan ini haruslah diperhatikan dengan seksama, ada baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis cat.

Oleh karenanya, berikut ini merupakan beberapa jenis cat yang digunakan pada interior dan eksterior suatu bangunan.


Cat Berbasis Air

Cat berbasis air adalah rendah VOC (volatil organic cpmpound yakni senyawa organik yang mudah menguap), mudah dibersihkan dengan air, cepat kering, elastis, fleksibel, tahan terhadap retak, dan warna stabil dari waktu ke waktu, tanpa menguning.

Cat Minyak

Keuntungan cat berbasis minyak adalah mengilau dengan menarik, cepat rata (dengan sapuan kuas), dan keras.

Cat Waterbone Enamel

Ketika cat berbasis minyak tradisional bekerja lebih baik, tetapi konsumen menginginkan produk berbasis air, sejumlah perusahaan memperkenalkan "waterbone enamel" atau "waterbone alkyds."

Cat ini terlihat dan berperilaku seperti dasar minyak, karena mereka memiliki kualitas yang baik untuk meratakan permukaan dengan halus, tapi memberikan peningkatan kinerja lingkungan.

Cat Matte

Cat Matte adalah kemilau reflektif dengan tekstur beludru, membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan di dinding dan langit-langit, menawarkan kedalaman warna. Cat ini sesuai untuk dinding, tapi terkadang bisa sulit untuk dibersihkan.

Cat Cangkang Telur dan Cat Satin

Cat ini memiliki beberapa reflektivitas, menawarkan peningkatan daya tahan, sering digunakan di area, seperti dapur dan kamar mandi, di mana pembersihan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Seperti dilansir oleh Kompas Properti, Sue Kim seorang spesialis warna di Valspar, merekomendasikan cat kulit telur dan satin digunakan dalam ruang yang lebih kecil dengan sedikit cahaya.


Semi-Gloss dan Cat Gloss

Cat jenis ini sangat tahan lama, dan biasanya digunakan pada pinggir, cetakan, dan pintu.


Sue Kim merekomendasikan dinding aksen diaplikasikan dengan kemilau gloss, sementara cat matte diaplikasikan pada kamar. Di ujung spektrum lain, cat gloss dapat menambah energi dan kegembiraan. 
Previous
Next Post »