Kompleks Ritel Palm Court di Miami oleh Sou Fujimoto Selesai

Arsitek Jepang Sou Fujimoto bertujuan untuk menciptakan "mandi kristalisasi sinar matahari" dengan sirip kaca biru pada bagian depan pusat perbelanjaan nya di Design District Miami (+ wawancara + slideshow).

Desain Sou Fujimoto untuk pusat ritel Palm Court dipengaruhi oleh cuaca tropis dan tak terduga Miami, yang ia alami selama kunjungan pertamanya.


"Saya terkesan dengan cuaca - sinar matahari benar-benar kuat - dan selama tinggal saya punya pengalaman mandi benar-benar berat tiba-tiba datang dan kemudian tiba-tiba mendapatkan cerah lagi," kata Fujimoto kepada Dezeen.
  
Dari lebih dari dua tingkat, bangunan mengakomodasi deretan toko-toko yang semua menghadapi ke plaza. Bagian tipis panjang kaca biru yang melekat secara vertikal padq fasad dibagian depan toko tersebut  dimaksudkan untuk memberi kesan seperti hujan.

Sirip juga diperpanjang keluar dari atap dan turun hampir 13 meter ke tanah, menciptakan tirai yang sebagian membungkus koridor di depan butik di lantai kedua - yang Fujimoto menyamakan ke "jalan-jalan kecil".

Louvres membiarkan sinar matahari ke dalam ruang, sementara membentuk bidang naungan belang-belang dan memungkinkan udara mengalir.

"Inspirasi saya adalah sinar matahari yang kuat dan kamar mandi hujan, dan mencoba untuk mengintegrasikan mereka bersama-sama untuk menciptakan semacam hujan mengkristal sinar matahari," kata Fujimoto. "Ini adalah yang pertama bagi saya untuk menggunakan kaca bukan sebagai jendela, tetapi lebih seperti setengah-objek untuk menciptakan ruang arsitektur dan pertama kalinya bagi saya untuk menggunakan warna juga."

Penggunaan biru adalah dari pilihan arsitek yang berbasis di Tokyo, yang ia gunakan untuk 2013 Serpentine Gallery Pavilion di London.

"Warnanya dari kesan Miami yang saya tangkap  - langit biru dan curah hujan," kata Fujimoto. "Jika Anda memiliki warna biru atau bayangan biru maka Anda mungkin merasa sedikit dingin."

Sirip ramping yang berorientasi sehingga mereka tidak mengaburkan pandangan ketika anda melihatnya.

"Dari depan Anda hampir bisa melihat melalui permukaan ini," kata arsitek. "Tentu saja, dari arah lain - jika Anda berjalan menyusuri koridor - Anda akan merasa seperti Anda dikelilingi."


Kolom dan balok struktur yang mendukung kanopi diisi oleh bagian kaca. Kabel tegangan baja menjaga komponen terhadap angin kencang.






Previous
Next Post »